Indonesia, Negara Pertama Penerima Proyek Kampanye #1in11 Dari Yayasan FC Barcelona, UNICEF dan Reach Out to Asia (ROTA)


FC Barcelona, Reach Out To Asia And UNICEF Launch 1 In 11 Campaign

Kiri ke kanan: Presiden FC Barcelona Josep Maria Bartomeu, seniman Takashi Murakami, Direktur Eksekutif UNICEF Anthony Lake dan Direktur ROTA Essa Al Mannai dalam peluncuran kampanye ‘1 in 11′(Andrew H. Walker/Getty Images untuk Qatar Museums)

Apa yang dimaksud dengan kampanye #1in11 ini?

Indonesia menjadi negara pertama yang menerima proyek #1in11 untuk peningkatan akses edukasi bagi anak-anak dari UNICEF, Yayasan FC Barcelona dan Reach Out to Asia (ROTA). Seperti yang tercantum di situs resminya, kampanye #1in11 ini adalah sebuah usaha untuk memberikan akses pendidikan pada anak-anak yang tidak mendapatkan kesempatan bersekolah. Ada sekitar 58 juta dari 650 anak di dunia yang tidak memiliki pendidikan dasar dan kesempatan untuk mengembangkan potensinya.

Banyak juga anak-anak yang berada dalam situasi berbahaya dan rentan, termasuk di zona perang, daerah dengan kemiskinan dan anak-anak yang berkebutuhan khusus. Selain itu, banyak sekolah yang tidak memasukkan program olahraga dalam kurikulum mereka, meskipun fakta membuktikan bahwa sekolah yang memiliki pelajaran olahraga mempunyai manfaat lebih, tidak hanya dalam hal kesehatan tapi juga pendidikan.

1 dalam 11 (#1in11) merupakan sebuah kerjasama unik antara organisasi global UNICEF, Yayasan FC Barcelona dan Reach Out to Asia (ROTA) yang melakukan upaya bersama memberikan akses edukasi melalui kekuatan olahraga untuk memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan yang sama dalam hidupnya. Kampanye #1in11 menggalang dana untuk membiayai tiga proyek pertama di tiga negara yang paling banyak memiliki jumlah anak yang rentan dalam akses pendidikan, yaitu Indonesia, Nepal dan Bangladesh. Setelah tiga negara ini, kampanye akan berlanjut di negara berikutnya.

2016-02-08_REUNIO_1IN11_004-Optimized.v1455018625

Perwakilan dari FCB, ROTA dan Unicef dalam sebuah pertemuan baru-baru ini. GERMÁN PARGA / FCB

Visi yang ada di dalam kampanye ini adalah bahwa tidak ada anak yang seharusnya tidak bersekolah. Setiap anak layak mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan kesempatan untuk mewujudkan mimpinya. Setiap anak memiliki hak untuk memenuhi potensinya dan pendidikan merupakan dasar yang paling utama untuk mewujudkan itu. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi program kampanye #1in11 ini. Sebuah kesetaraan dalam hal pendidikan di luar aspek akademis dan keahlian literasi, yaitu melalui olahraga yang diharapkan bisa membuka semua potensi yang ada pada diri anak-anak tersebut.

Perlu diketahui dan ditanamkan bahwa:

  • Olahraga mengajarkan nilai dalam menghormati orang lain, kerjasama tim dan usaha tinggi
  • Olahraga meningkatkan konsentrasi dan ketertarikan
  • Olahraga menginspirasi anak-anak laki-laki dan perempuan untuk pergi dan betah di sekolah
  • Olahraga bisa memecah hambatan sosial yang selama ini ada

 

1-in-11-leo-messi-1

Bintang sepakbola dan duta UNICEF Lionel Messi luncurkan tantangan #1in11 ‘Keep Ups’ – menantang orang untuk menahan bola di udara setidaknya dalam sebelas kali sentuhan.

Lelang seni

Pada 12 Februari 2016, Rumah Lelang Sotheby’s di London menjadi penyelenggara sebuah lelang seni yang bertujuan untuk menggalang dana bagi kampanye #1in11. Seniman terkenal dunia seperti Damien Hirst, Takashi Murakami dan Jeff Koon menciptakan karya yang istimewa khusus untuk acara lelang ini dan membantu menggalang dana bagi kampanye #1in11. Total dana yang diperoleh dari acara lelang seni ini adalah 3 juta Euro. Dana inilah yang akan digunakan untuk melangsungkan program #1in11 pertama di tiga negara, Indonesia, Nepal dan Bangladesh. Diharapkan semua anak yang tidak bersekolah di tiga negara bisa mendapatkan akses pendidikan yang sama melalui kampanye ini.

artwork

Lionel Messi Artwork di Rumah Lelang Sotheby’s, London

Sekarang, pengerjaan di lapangan sudah dimulai untuk merealisasikan dana sebesar 3 juta Euro (lebih dari 45 milyar rupiah) yang berasal dari penggalangan dana di Rumah Lelang Sotheby’s. Secara pararel, tim teknis dari Yayasan  FC Barcelona dalam waktu dekat akan diberangkatkan menuju ketiga negara tersebut untuk merancang adaptasi dari proyek ‘FutbolNet’ di wilayah tersebut. Metode ini bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai sosial melalui sepakbola juga meningkatkan kesempatan pada anak-anak mendapatkan pendidikan dari lingkungan mereka dan agar melibatkan sepakbola sebagai sebuah jalan baru menuju pendidikan.

Sotheby's, FC Barcelona Foundation, UNICEF

Juara Dunia Freestyle Sepakbola John Farnworth dukung kampanye #1in11 dan menunjukkan kemampuannya di depan lukisan berjudul ‘Lionel Messi and a Universe of Flowers’ karya Takashi Murakami (Photo by Tristan Fewings/Getty Images for Sotheby’s)

Leave a comment